SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DAN MANFAATNYA

SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Belajar sejarah kebudaan islam tentu banyak manfaat yang dapat kita ambil, sebelum menguraikan tentang manfaat belajar sejarah kebudayaan islam, ada perlunya kita mengetahui apa itu sejarah kebudayaan islam.
Kata sejarah berasal dari bahasa arab syajaratun yang artinya pohon, berarti segala sesuatu yang berkaitan dengan suatu pohon mulai sejaak penih pohon itu sampai segala hal yang di hassilkan oleh pohon tersebut. atau dengan kata lain, sejarah atau "syajarah" adalah catatan detail tentang suatu pohon dan segala sesuatu yang dihasilkan nya. Dengan demikian, sejarah dapat di artikan catatan detail dengan lengkap tentang segala sesuatu. Dalam bahasa Inggris sejarah disebut history yang berasal dari bahasa Yunani historia yang artinya ilmu. Sejarah dalam bahasa arab disebut tarikh yang berarti bulan dilangit. Sedangkan menurut istilah, pengertian tarikh adalah ilmu yang berusaha menggali peristiwa-peristiwa masa lalu agar tidak dilupakan. Jadi sejarah dalam pengertian history dan tarikh memiliki persamaan yaitu ilmu yang membahas peristiwa-peristiwa manusia dimasa lalu.
Kebudayaan dalam bahasa Inggris disebut “culture” dan dalam bahasa Arab disebut “tsaqafah”. Kebudayaan berasal dari kata “budi” dan “daya” yang digabungkan menjadi “budidaya” yang berarti sebuah upaya untuk menghasilkan dan menghasilkan sesuatu agar lebih menjadi lebih baik dan memberi manfaat bagi hidup dan kehidupan.
Secara bahasa, Islam artinya penyerahan, kepatuhan, atau ketundukan. Namun menurut istilah, Islam adalah agama yang di turunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW khususnya dan kepada para nabi lain pada umumnya untuk membimbing umat manusia meraih kebahagian di dunia dan akhirat kelak. Seseorang dinyatakan telah masuk Islam apabila ia telah berikrar bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad SAW, adalah utusan Allah sebagai kesaksian terhadap keimanan dan ajaran ketauhidan yang dinamakan dengan Syahadat.
Jika ketiga kata di atas "Sejarah, Kebudayaan, dan Islam" digabungkan, maka menjadi "Sejarah Kebudayaan Islam" berangkat dari beberapa definisi di atas dapat di simpulkan bahwa yang di maksud dengan "Sejarah Kebudayaan Islam" adalah catatan lengkap tentang segala sesuatu yang di hasilkan oleh umat islam untuk kemaslahatan hidup dan kehidupan manusia.
Mempelajari sejarah kebudayaan islam mempunyai manfaat penting bagi kehidupan umat manusia, terutama umat islam untuk zaman sekarang maupun untuk zaman yang akan datang. Adapun manfaat mempelajari sejarah kebudayaan islam yakni agar kita mengetahui segala sesuatu yang telah terjadi di masa lalu, sesuatu yang baik maupun sesuatu yang buruk agar kita dapat mengambil hikmah darinya dan menjadikan hal itu sebagai cermin dan teladan bagi kehidupan. Agar kita dapat  mengetahui kebudayaan yang dihasilkan oleh umat islam dalam sejaarah peradaban yang sangat penting bagi kehidupan keagamaan. Agar kita mengetahui peranan dan sumbangan agama islam dan umat islam bagi kebijakan kehidupan. Ikut berpartisipasi dalam memelihara peninggalan-peninggalan masa lalu dengan cara mempelajari dan mengambil manfaat dari peninggalan-peninggalan tersebut. Agar kita dapat mendidik diri kita sendiri agar lebih bijak karena dengan mempelajari sejarah kita bisa mengetahui berlakunya hukum sebab akibat sehingga kita tidak harus menggalami peristiwa tersebut tetapi dapat mengambil pelajaran darinya.
Selain yang telah diuraikan diatas, dengan mempelajari sejarah kebudayaan islam kita dapat memupuk semangat dan motivasi untuk mengingatkan prestasi yang telah diraih oleh umat terdahulu dan dapat mengambil pelajaran berharga dari keberhasilan-keberhasilan serta kekalahan dimasa lalu. Begitu banyak manfaat bagi kehidupan kita yang dapat kita ambil dari mempelajari sejarah kebudayaan islam, jadi jangan bosan dan jangan lengah untuk tetap mempelajari sejarah kebudayaan islam yang begitu indah.


Komentar

Postingan Populer